Inggristopsite.com.  Bahasa Inggris di Negara kita adalah bahasa asing(foreign language). Sewaktu kita ingin mengucapkan suatu kalimat atau kata-kata Bahasa Inggris sering kita dibuat bingung dan berpikir sejenak bagaimana cara merangkai suatu kalimat. Ternyata susah ya ngomong Bahasa Inggris, kita harus memikirkan dulu bagaimana cara ngomong. Kalau begini caranya kita tidak dapat mengucapkan sepatah katapun karena kita sibuk mempersiapkan kata-kata dan kalimat yang pantas diucapkan.

Belajar Bahasa Inggris adalah suatu imitating process, proses meniru penutur asli(native speaker). Bahasa Kaitannya dengan culture atau budaya. Kita tidak dapat menciptakan kalimat Bahasa Inggris dengan style culture kita. Jika demikian Bahasa Inggris kita akan ke-Indonesiaan dan kedengaranya tidak natural. Misalkan kita mengucapkan atau mengatakan “Jari saya terluka/teriris” kemudian kita mengucapkan “My finger is cut” dapat kita rasakan apa yang diucapkan dipengaruhi oleh culture kita. Di Negara asal atau native speaker sendiri jarang atau bahkan tidak ada ekspresi atau kalimat seperti tadi, di Negara penutur asli biasanya menggunakan “I cut my finger”. Di sana sendiri lebih terbiasa menggunakan kalimat aktif dari pada pasif.

Berbicara Bahasa Inggris
Speak as native speaker does


Supaya Bahasa Inggris kita tidak kelihatan seperti Indonesian- English,atau tidak natural, maka kita dapat membiasakan untuk mendengarkan, membaca, melihat cara mereka berbicara, style mereka, susunan kalimat yang ditulis, Learning language is a process of imitating not creating our own language, our style. Our English will sound like Indonesian, it won’t be natural. Kebanyakan Bahasa Inggris orang-orang Indonesia terpengaruh oleh kultur atau budaya Indonesia. Meskipun secara grammar benar namun Bahasa Inggris kedengarannya, kelihatannya seperti Bahasa Indonesia.

Cara yang dapat ditempuh adalah dengan getting accustomed to reading, watching native speaker’s conversation. Kita dapat membaca tulisan, buku dan referensi dari penutur asli. Dengan sering membaca kita dapat menirukan gaya penulisan dan cara merangkai kalimat-kalimat Bahasa Inggris yang benar, yang natural. Selain itu kita dapat mendengarkan mereka ketika berbicara misalkan melalui acara talk show, melalui Berita dalam Bahasa Inggris, dan yang menarik dan lengkap kit dapat belajar dari You Tube.  Di You Tube kita dapat mendengarkan dan melihat langsung dalam bentuk audio visual. Kita akan menemukan betapa mereka Bahasa Inggrisnya alami/natural. Selanjutnya kita dapat meniru mereka. Pembiasaan-pembiasaan di atas dapat dapat memberikan kemampuan kita untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris seperti penutur asli dalam arti kalimat dan susunannya kelihatan dan kedengaran lebih natural. Bukankah kita tidak ingin dikatakan ngomong atau berbicara Bahasa Inggris dengan style Indonesia. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tentunya berbeda. Jangan dibawa style Bahasa kita, kultur Bahasa kita dalam Bahasa Inggris. 

4 comments:

  1. Thus, the main point is changed our mindset first. It can be denied that our speaking capability isn't same with native speaker. It's gonna be okay, pals. No need to push it. As the consequence will be never speak it up, after all. Coz, feeling ashamed and guilty inside, even none word speak out, while they're seeing expat face to face. That's mentality case.

    I thought let it flow by the time. No matter their dialect. Learning process need times. Have you know singlish? We usually do it too while meet singaporean. ha3x

    But all your suggestion mentioned above, really really true!!! And, we did it all. The nice thing, we can imitate by whispering in studio XXI, just 50 metre from my office. ha3x Hard enough for you coz you have to go another city for finding it.....

    Love to share and share to love.

    ReplyDelete
  2. Yeah, It's better to speak up than nothing, and of course we can improve and improve our English, especially our speaking..try to speak up naturally..time will give us good English skills

    ReplyDelete
  3. time can't give u anything sir except what you earn.

    ReplyDelete

Thanks for coming here

SAHABAT BLOGGER

 
Top