Setelah mengundurkan diri dari SD Siberuk saya mulai merambah ke dunia Sekolah Mengah, saya memiliki suasana mengajar yang bisa dibilang baru bagi saya pribadi karena sebelumnya saya belum pernah mengajar di Sekolah lanjutan. Setelah berusaha melamar ke berbagai sekolah lanjutan, akhirnya saya diterima mengajar di Madrasah Tsanawiyah, MTsDarul Hikmah di daerah Sengon Subah Batang, dan di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK), saya bergabung mengajar di SMKBintara Batang.

Pengalaman saya selama mengajar di SMK ini saya mengikuti Forum MGMP MapelBahasa Inggris SMK se- Kabupaten Batang. MGMP ini pesertanya adalah guru-guru Bahasa Inggris SMK yang ada di Kabupaten Batang. Saya teringat dulu sewaktu di SD, namanya bukan MGMP tetapi KKG, KKG Bahasa Inggris SD. Dulu saya pernah menjadi Ketua KKG ini, di sini di MGMP suasananya lain dibandingkan di SD dulu. Di sini Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran penting tidak seperti di Sekolah Dasar.



Saya pernah mengikuti kegiatan MGMP Bahasa Inggris meskipun hanya baru dua kali untuk mewakili SMK Bintara. Saat itu kegiatan MGMP dilakasanakan di SMK 1 Kandeman Batang. Saat itu saya diamanati Kepala Sekolah untuk mengikuti kegiatan MGMP Bahasa Inggris. Tanpa sengaja saya di MGMP bertemu dengan mantan Guru saya dulu sewaktu saya sekolah di SMK 1 Batang. Saya merasa senang karena dapat bertemu dengan beliau. Kini saya sama-sama menjadi rekan mengajar dan satu forum MGMP.

Selama pertama kali saya berada di sana saya merasa kegiatan MGMP di sana kurang efektif karena di sana saya tidak menemukan kegiatan dan agenda pokok, tidak ada English environment, untuk melatih speaking Bahasa Inggris diantara guru. Padahal dari awal saya mengira sekelas MGMP dapat memberikan tantangan yang berarti. Tidak tahunya di sana hanya membahasa mengenai LKS saja, buku Modul karya guru-guru MGMP Bahasa Inggris SMK se-Kab Batang. Kemudian di forum itu pula saya merasa seperti aktifitas yang dominan hanya makan-makan saja. Saya agak sedikit kecewa dengan kesan pertama saya mengikuti Kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMK ini.

Selanjutnya saya untuk kedua kalinya mengikuti Kegiatan Bedah SKL UN SMK Tahun 2012/2013 yang dilakasanakan di SMK Kandeman juga. Pertemuan ini awalnya saya merasa antusias dan penting bagi saya dan juga guru-guru SMK lainnya karena dengan mengikuti kegiatan Bedah SKL ini diharapakan dapat memberikan informasi dan trik-trik untuk menghadapi Ujian Nasional yang akan dilaksanakan bula April 2013 nanti. Kegiatan pembukaan Bedah SKL berjalan dengan lancar, dan dibuka Oleh Bapak Sabar Mulyono. Antusias saya akhirnya menurun setelah acara pembukaan selesai dan guru-guru dikelompokkan menjadi 3 ruang sesuai dengan mapel yang diampu masing-masing. Guru Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Indonesia masing-masing sudah diberikan ruangnya masing-masing untuk melaksanakan kegiatan bedah SKL. Setelah berjalan, saya sangat kecewa sekali ternyata kegiatan bedah SKL yang saya harapkan tidak seperti yang saya harapkan. Di acara Bedah SKL tersebut bukannya memabahas masalah SKL, trik-trik menghadapi UN yang dapat disampaikan kepada anak didik, malah justru lagi-lagi didominasi membahasa masalah LKS, Modul Bahasa Inggris yang mengalami kendala keuangan. Kemudian juga hanya membahas seputar rencana kompetisi lomba untuk siswa-siswi SMK. Ini ada apa ko bisa begini, justru pembahasan di luar acara inti yaitu bedah SKL SMK tahun ajaran 2012/2013. Pembahasan SKL SMK hanya dalam porsi yang kecil dan kurang efektif menurut saya.

Saya sangat mengharapkan agar kegiatan MGMP bisa dibenahi dan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi guru-guru Pengampu Bahasa Inggris di SMK di wilayah Kabupaten Batang. Agar kegiatan MGMP yang berjalan tidak di cap hanya kumpul-kumpul, makan-makan dan jalan-jalan saja maka saya mengharapkan kepada jajaran kepengurusan MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Batang agar supaya membenahi dan membuat program-program kegiatan yang brilliant demi eksistensi dan reputasi MGMP. Tidak ada motivasi untuk menjatuhkan namun di sini saya hanya memberi masukan yang sifatnya membangun demi kemajuan MGMP Bahasa Inggris SMK di Kabupaten Batang yang tercinta ini. Amin.


Written and posted by Almusto(Mustofa) on Sunday, March 31st 2013
Guru Bahasa Inggris SMK Bintara Batang
Contributed by Inggristopsite.com

2 comments:

  1. Just info : wish you have found Bobby de Porter book's. Giving another alternative in learning process. I do believe that sometimes teaching a rigid activity without changing perspective. (ha3x...)

    Or just searching the derivative such as "Bu Slim & Pak Bill", even though it's bahasa but based on multiple intelligence. And, I thought would be nice enough gotta know different frame of thinking to be used than we used to.

    Try it and enjoy the journey. Hope you could make an event such as speech contest, there.
    Mercie beaucoup.

    ReplyDelete
  2. Thanks again for your suggestion friend. That would be nice to hear, I do hope that there'll be a change in MGMP Bahasa Inggris SMK in Batang regency....

    ReplyDelete

Thanks for coming here

SAHABAT BLOGGER

 
Top