Belajar Bahasa Inggris aktif dalam Percakapan
Anda ingin kemampuan Bahasa Inggris anda meningkat? Tentu jawaban anda adalah ya. Siapa tidak ingin Bahasa Inggris kita semakin berkembang dan tidak kaku. Kemampuan sesuatu akan berkembang dan semakin meningkat apabila kita biasakan, apabila sering kita gunakan. Ibarat pisau jika diasah akan tajam. Sekeras-kerasnya batu jika terkena tetesan air secara kontinu akan berlubang juga. Demikian juga dengan Bahasa Inggris kita jika tidak digunakan, jika kita tidak mempraktekannya dalam arti digunakan untuk percakapan apalah arti sebuah nilai ujian yang bagus, nilai TOEFL yang di atas rata-rata. Semua itu tiada berarti.


Inggris Top Site
Ayo ngomong dalam Bahasa Inggris
http://ccel.ca/2012/01/13/ccel-conversation-club-2/english-conversation-club_f853b0041_3/


Salah satu cara yang sangat membantu kita untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita terutama untuk komunikasi adalah membiasakan diri bercakap-cakap, berdialog dan ngobrol menggunakan Bahasa Inggris. Kebiasaan speak Bahasa Inggris ini akan memperlancar speaking kita. Bahasa Inggris yang sebenarnya yaitu untuk tujuan komunikatif secara real. Grammar saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan penggunaanya dalam percakapan. Akan berbeda orang yang hanya menguasai vocabulary dan grammar dengan orang yang terbiasa mempraktekan dan mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Tentu dia yang terbiasa ngomong akan lebih lancar dan tidak kaku. Sedangkan dia yang hanya pintar secara teori akan begitu kelihatan kakunya ketika speak English. Idealnya Bahasa Inggris didukung oleh kedua-duanya secara teori grammar dan vocabulary dan kemampuan speaking dan listening untuk tujuan komunikasi lisan. Bahasa Inggris tidak hanya tertulis saja namun membutuhkan praktek. Sejatinya Belajar Bahasa Inggris bagi kita adalah supaya kita fluently berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Yang menjadi kendala bagi kita adalah dengan siapa kita harus memulai percakapan. Sedikit orang yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris. Bagaimana kita harus memulai. Kita selalu minder ngomong cas cis cus dalam Bahasa Inggris. Mulailah dalam diri kita untuk berusaha mengucapkan kata-kata, kalimat Bahasa Inggris. Awalnya mungkin kita malu, kita tidak pede mengucapkannya. Cobalah kita biasakan. Kita tidak usah takut salah, karena dari kesalahan itu kita akan belajar. Sesuatu itu dimulai dari kesalahan yang akan membawa kita kearah peningkatan kemampuan speaking kita.  Setelah kita merasa kita sedikit mampu mengucapkan cobalah kita ajak teman kita, kita ajak berdialog dan bercakap cakap ringan dalam Bahasa Inggris. Orang yang berhasil adalah dia yang pernah mencoba dan pernah salah. Orang yang tidak pernah mencoba dia tidak akan pernah menjumpai kesalahan, padahal dengan kesalahan itu kita akan menemukan sesuatu yang benar dan menuntun kita kearah peningkatan. Kalau kita tidak memulai kapan kita akan berhasil. Yakinlah dengan selalu diasah kemampuan Bahasa Inggris kita akan semakin tajam. Kita selanjutkanya akan menemukan antusiasme kita ketika kita mulai mencoba bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris. Kita berusaha bertanya dan menjawab dengan Bahasa Inggris. Berawal dari dengan teman yang kita anggap sedikit mampu kita dapat mengajak teman-teman yang lainnya untuk bergabung. Selanjutnya kita dapat membentuk suatu komunitas atau Klub Bahasa Inggris atau English speaking club, atau juga English area.

Kemampuan Bahasa Inggris yang sesungguhnya adalah Bahasa Inggris aktif kita mampu menggunakannya, kita dapat mengaplikasikannya dalam percakapan dengan orang lain. Bahasa Inggris akan tetap tinggal sebagai kemampuan teroritis, kemampuan pasif, Bahasa Inggris hanya akan menjadi buku saja manakala Bahasa Inggris yang sudah kita dapatkan selama di sekolah, di lembaga kursus Bahasa Inggris dan sebagainya tidak pernah kita gunakan. Marilah kita membentuk suatu lingkungan, environment, atmosfer, perkumpulan yang dapat menjadi sarana bagi kita, media bagi kita untuk terus dan terus menerus meningkatkan Bahasa Inggris kita yang sebenarnya. Dengan cara ini Bahasa Inggris kita akan berkembang dan pada akhirnya kita menjadi familiar dan dapat menggunakan Bahasa Inggris sebagaimana para penutur asli/native speaker.

5 comments:

  1. Memang bener soB, kemampuan speaking kita akan menurun drastis dan mulut terasa kaku kalau tidak sesering mungkin digunakan. Mungkin kendala umum yang banyak dialami oleh soBat2 kita adalah menemukan komunitas belajar bahasa Inggris seperti ECC sebagai wadah utama dalam berspeaking apalagi yang tinggal di daerah seperti saya yang notabene lagi bukan daerah pariwisata seperti jogja tau Bali. Untuk melatih speaking harus bener2 aktif secara pribadi mencari wadah dan sarana berspeaking.hehe... salam kenal soB.

    ReplyDelete
  2. Wah senang sekali bapak dapat berkunjung balik ke sini. Mari pak kita tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita, kita berbagi bersama..makasih sudah mau mampir ke gubug reot saya. Salam

    ReplyDelete
  3. benar bgt krn kalo d tmpat saya yg seperti d pedalaman susah kita kl utk ngobrol b.inggris saya harus cari org dulu apakh dia bsa b.inggris ato tdk, padahal sampai kapanpun b.inggris selalu d gunakan. salam kenal

    ReplyDelete
  4. Ok tetap semangat...ada kemauan ada jalan...Makasih sudah berkunjung ke sini...Salam

    ReplyDelete
  5. Just advice. If we can't find supporting environment for practicing English, please make it in our mindset even by ourselves. As we've found, we love to find any argue for not doing it. We could learn by youtube, movies, newspaper, novel, blogs and finding expat incidentally. Look at our passion inside, what's the gain when we able to speak better than another. Any opportunity or any chance due with it? Such as statement, start in the end.

    Keep spirit and update for the author, coz we've gotta better and better in writing incrementally.

    ReplyDelete

Thanks for coming here

SAHABAT BLOGGER

 
Top