Descriptive text. Genre, ya Bahasa Inggris dewasa ini di tingkat sekolah lanjutan seperti di SMP/MTs dan SMA/MA diajarkan melalui jenis-jenis teks (Genre based learning). Jika di era saya sewaktu di SMP dan SMA belum mengenal Genre texts. Genre text mulai diperkenalkan sejak adanya kurikulum 2004. Pada kesempatan kali ini saya ingin mecoba membahas sedikit tentang salah satu jenis text genre yaitu Description/Descriptive text.

Inggris top site dot com
Please describe about the girl above


Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa descriptive text adalah sebuat teks yang menjelaskan sesuatu baik itu benda mati maupun benda hidup. Menurut Kane(2000:352) di situs Englishindo dijelaskan Description is about sensory experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about visual experience, but description also deals with other kinds of perception. Dari pendapat Kane diatas dapat di disimpulkan dalam Bahasa kita, Text Description merupakan suatu teks yang menjelaskan mengenai pengalaman yang berkaitan dengan panca indera kita, baik dari wujudnya, suaranya, dan rasanya. Teks ini kebanyakan berhubungan dengan pengalaman yang melibatkan penglihatan(visual). Namun demikian juga dapat berkaitan dengan hal-hal lain diluar seperti yang dijelaskan diatas. Lebih jelasnya a descriptive text is a text that describes person or thing. What a person  or thing like.


Seperti yang dijelaskan di dalam kurikulum berbasis genre yaitu kurikulum 2004:

Tujuan komunikatif dari teks descriptif adalah : to describe a particular person, place or thing. Yaitu untuk menjelaskan, untuk mendeskripsikan atau menggambarkan tentang orang tertentu, tempat atau sesuatu/benda tertentu. Mendeskripsikan di sini adalah menjelaskan tentang bentuknya, sifat-sifatnya dan sebagainya.
Berikut ini adalah generic structure dari teks Descriptive:
Ø  Identification : Identifies phenomenon to be described. Bagian ini berisi tentang identifikasi mengenai seseorang atau hal yang dideskripsikan.

Ø  Description : describes parts, qualities, characteristics. Di dalam bagian ini berisi tentang penjelasan seseorang/hal/benda/tempat yang diidentifikasi tadi berupa sifat-sifatnya(karakter), bentuknya, bagian-bagiannya, kuaitasnya dan lain sebagainya.

Berikut adalah significant Lexicogrammatical feature yang terdapat di dalam teks ini:
v  Focus on specific participants
v  Use of attributive and identifying processes
v  Frequent use of epithets and classifiers in nominal groups
v  Use of simple present tense.


Di bawah ini adalah contoh Descriptive text yang di ambil dari Buku Genre based writing yang disusun oleh Bapak Rudi Hartono, S.S. M, Pd. Yang sumbernya dari (Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2005).


Borobudur Temple

Identification
Borobudur Temple is a great Buddhist Temple

Description
The temple is located in Magelang on the islang of Java Indonesia. Built in the 9th century under the Sailendra Dynasty of Java, it was abandoned in the 11th century and partially excavated by archaeologists in the early 20th century.

Influenced by the Gupta architecture of India, the temple is constructed on a hill 46 m (150 feet) high and consists of eight steplike stone terraces, one on top of the other. The first five terraces are square and surrounded by walls adorned with Buddhist sculpture in bas-relief; the upper three are circular, each with a circle of bell shaped stupas (Buddhist shrines). The entire edifice is crowned by a large stupa at the center of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km (some 3 ml) of passages and stairways. The design of Borobudur, a temple-mountain symbolizing the structure of the universe. Influenced temples built at Angkor, Cambodia. Borobudur was rededicated as an Indonesian national monument in 1983 following extensive reclamation, aided by the United Nations.

(Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2005).

Demikian Penjelasan dan contoh dari Descriptive text. Nantikan postingan tentang teks ini di postingan artikel berikutnya. Semoga bermanfaat. Amin.

Sumber /Source:
Englishindo, Kurikulum 2004, Genre Based Writing(Rudi Hartono, S.S. M, Pd)





6 comments:

Thanks for coming here

 
Top